Senin, 19 Mei 2014

Wisata Pulau Banda Neira


Wisata Pulau Banda Neira


Banda Neira adalah salah satu Pulau terbesar dikepulauan Banda yang terletak dibagian Tenggara Pulau Ambon. Tepatnya 140 Km ke arah selatan dari Pulau Seram. Banda Neira adalah Kota Pelabuhan yang cukup besar di kepulauan Banda. Tempatnya sangat indah karena dikelilingi oleh pantai yang memiliki pemandangan yang cantik dan mempersona. Banyak wisatawan mancanegara yang jatuh cinta oleh keindahan alamnya dan kembali berkunjung ke Banda Neira ini.









Catatan Sejarah Banda Neira
Pada tahung 1512, seorang berkebangsaan Portugis yang bernama Antonio de Abreu menemukan rempah rempah. Dari sinilah awalnya rempah rempah mulai digunakan oleh masyarakat dunia untuk dijadikan bumbu masakan. Lezatnya pala dan pedasnya lada membuat bangsa kolonial tersebut datang ke bumi Indonesia untuk menguasai pulau penghasil rempah yang kaya ini. Pulau ini adalah satu satunya penghasil rempah rempah yang menjadi rebutan para Negara Kolonial termasuk Inggris dan Belanda. Kota pertama di Banda Neira ini dibangun oleh Belanda yang diberi nama Dutch East India Company, dengan niatan tiada lain untuk mengumpulkan rempah rempah yang banyak dihasilkan di pulau ini.
Tempat Wisata Sejarah di Banda Neira
1 Rumah Budaya



Salah satu tempat bersejarah yang berada di JL. Gereja Tua. Dulunya bangunan ini adalah sebuah Vila milik seorang perwira tinggi Belanda, dan saat ini bangunan tersebut dialih fungsikan sebagai museum. Banyak koleksi sejarah yang mengisi museum tersebut. Yang Menjadi koleksi Museum Tersebut Adalah :
- Meriam
- Peta
- Helm Perang Kuno
- Mata Uang Kuno
- Lukisan
Dan ada pula Diorama pada dinding museum yang menggambarkan tentang sejarah Belanda masa lalu di Banda Neira.


2Benteng Peninggalan Portugis – Belanda

Bangunan yang di buat oleh Portugis pada tahun 1529 ini bernama Benteng Nassau. Waktu dibangun oleh Portugis, bangunan ini tidak selesai karena pada saat itu Portugis mendapat serangan dan dapat dikalahkan oleh Tentara Belanda. Yang berakibat Portugis harus rela meninggalkan Banda Neira. Mereka ( Portugis ) hengkang meninggalkan benteng yang baru dibangun pondasinya saja, pembangunan dilanjutkan oleh Pemerintah Belanda sampai selesai. Sayangnya, yang tersisa sekarang dari benteng ini adalah 3 buah dinding dan sebuah pintu gerebang utamanya saja, benteng lainnya adalah Benteng Belgica yang letaknya tidak jauh dari lokasi benteng Nassau. Benteng ini didirikan oleh Belanda pada tahun 1611 untuk dijadikan markas militer dan bangunan ini digunakan sampai dengan tahun 1860. Dan sampai saat ini bangunan benteng ini masih kokoh berdiri karena benteng ini pernah diperbaiki secara besar besaran dan dilindungi oleh pemerintah setempat sebagai warisan sejarah Bangsa. Berjalan jalan disekitar lokasi benteng terasa sangat menyenangkan karena anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dengan latar belakang Gunung Api yang menjulang tinggi.


3 Rumah Rumah Bersejarah

Pada masa sebelum kemerdekaan, ada beberapa pahlawan kita yang pernah merasakan menjadi orang buangan di pulau ini. Mereka adalah Sultan Syahrir, Muhammad Hatta, dan juga Dokter Cipto Mangunkusumo. Rumah yang dulu pernah ditempati oleh Tokoh-tokoh bangsa ini masih terawat dengan sangat baik, dan beralih fungsi menjadi museum. Dirumah itu terdapat perabotan dan perkakas yang pernah digunakan oleh para tokoh bangsa pada masa itu, disana kita dapat mengenang perjuangan dan kesabaran mereka dalam memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Bangunan bersejarah lainnya yang tak kalah indah adalah gereja tua di JL. Gereja Tua, Gereja Elim Tabernakel di JL. Kujali, bekas rumah Kapten Cole, dan juga istana mini yang merupakan tempat tinggal Gubernur Jendral Belanda pada masa itu.


Aktivitas wisata yang dapat dilakukan :
Ø Berjalan jalan

Selain bangunan bangunan bersejarah, anda juga dapat mengunjungi perkebunan pala lantaka, Mangkubata, Front Belgica, Dutch Palace, Banda Prison, dan juga Bintang Revenge sebagai tempat tujuan wisata darat yang memiliki pemandangan yang indah dan unik di setiap titiknya. Tempat tempat di Banda Neira ini layak anda kunjungi bersama orang yang anda cintai untuk membuat kenangan indah nan romantis yang tak akan terlupakan sampai kapan pun



Ø Mendaki Gunung

Pemandangan alam lainnya yang dapat anda nikmati yaitu Gunung Api. Gunung Vulkanik yang masih aktif ini memiliki ketinggian 650 Meter diatas permukaan laut. Gunung api ini pernah beberapa kali meletus. Letusan dahsyat terakhir terjadi pada tahun 1988 yang memakan korban 3 korban jiwa dan menghancurkan 300 buah rumah penduduk yang berada dikaki gunung dan sekitarnya.












Ø Bersantai dipantai

keindahan pemandangan di Pantai Banda Neira sangat terkenal dengan lokasinya yang masih perawan dan mempunyai keindahan yang sangat luar biasa dengan airnya yang jernih, hamparan pasirnya yang putih dan bersih membuat anda betah berlama lama disana walaupun hanya duduk dihamparan pasir putihnya yang elok. Pulau Banda Neira juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata paling romantis yang ada di Indonesia.







Ø Diving dan Snorkling

Dibagian pantai, Pulau Gunung Api juga memiliki pemandangan laut yang tak kalah indahnya. Keunikannya terletak pada keindahan batu karang yang ada disebelah utara dari pulau. Lautnya juga menjadi salah satu spot terbaik untuk scuba diving atau snorkling, selain itu lokasi untuk diving atau snorkling lainnya juga bisa anda dapatkan di Salamun Tanjung Burang, Ay Island, Nailaka Island, Skaru, dan juga Hata Island yang tidak hanya memiliki keindahan bawah laut yang memukau dan banyak menjadi incaran oleh para penyelam diseluruh belahan dunia, tetapi juga memiliki pemandangan hamparan pasir putih yang indah. Pemandangan bawah laut disini tak kalah jika dibandingkan dengan lokasi lainnya. Airnya yang jernih memudahkan kita untuk dapat menyaksikan keindahan biota lautnya walaupun hanya anda saksikan dari atas permukaan laut. Bila anda ingin lebih merasakan sensasinya, cukup dengan perlengkapan snorkling seadanya, dan anda sudah dapat menikmati keindahan karang dan biota lautnya sampai anda merasa puas.
apa kamu tertarik untuk liburan kesana segera kunjungi saja web kami www.istanamulia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar